CURRICULUM VITAE 101

Memulai selalu tidaklah mudah. Banyak pertanyaan, keraguan, dan juga ketidakpastian yang sering menjadi hambatan untuk kita memulai. Bagaimana dengan pengalaman membuat CV  pertama kalian nih temen-temen college? Pasti bingung banget kan? Bayangkan, perusahan yang sudah kamu incar sedang membuka lowongan kerja, kebayang kan berapa puluh atau bahkan ratusan lamaran yang masuk dan kamu harus bisa ‘stands out’ diantara itu semua. How?

CV adalah sesuatu yang harus di buat personal tapi juga crucial. Dan bisa di bilang itu adalah tiket pertama untuk bisa ‘dilirik’ oleh perusahaan yang sudah di idam-idamkan oleh temen-temen. Banyak mungkin kita dengar bahwa cara untuk bisa ‘stands-out’ yaitu dengan menjabarkan semua pengalaman kerja di CV kita, but the problem is that’s exactly what college students don’t have yet, right?

So here are some tips that maybe can help you to create top-notch content for your CV. Remember friends, this is your first contact with the company, so take your time and invest in it!

  1. Name and Contact Information

Jangan ragu untuk keluarkan semua media untuk perusahaan tersebut dapat menghubungimu atau hanya untuk sekedar mencari tahu lebih lanjut tentang dirimu. Feel confident to put the information of your social media or even another platform that you’ve been working on. For example : blog, Instagram, YouTube channel, etc.

  1. Highlight The Position That You Interested In

Sebelum menjabarkan semua strength, achievement, atau skills yang kamu miliki penting juga untuk perusahaan mengetahui posisi apa yang sebenarnya kamu incar. Explain the ‘why’ and elaborate the values that you can contribute to this position of the company.

Dengan menunjukan bahwa kamu memiliki pengertian tentang posisi yang kamu inginkan dan kepercayaan diri dapat memberikan kontribusi untuk posisi tersebut akan sangat membuat HR yang membaca CV kamu sangat tertarik untuk mengenalmu lebih jauh lagi.

  1. More About You

Baru di bagian ini kamu bisa membuat list of your achievements and elaborate on your experiences. Ga usah pusing jika belum memiliki pengalaman kerja. Pengalaman berorganisasi, menjadi volunteer, terlibat menjadi tim penyelenggara, atau kegiatan lain yang merupakan bagian dari pembentukan cara pikir dan karaktermu hingga hari ini.

Dan untuk kamu yang membaca ini dan masih dalam masa kuliah, BE ACTIVE! Make the best of the opportunity in front of you and make the most of it! You will thank us later 😉

  1. List Down Your Skills

Tulis skills yang kamu miliki yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan. Sertakan juga jika ada sertifikat-sertifikat yang kamu dapatkan ketika sedang mengasah skill tsb.

Stop being afraid of what could go wrong, and start being excited of what could go right” – Tony Robbins

Dream higher! Jangan keburu ga PD dulu dan akhirnya membuat kamu ragu untuk kirim CV itu ke perusahaan idaman kamu. Always do your part and always give the best, and God will do the rest.