HANDLING CONFLICTS

Greeting Church,

Sungguh senang saya bisa menyapa Anda kembali di awal bulan ketiga di tahun 2024 ini. Tidak terasa satu bulan berlalu, kini kita sudah memasuki bulan yang baru di bulan Maret. Tema kita secara global di bulan Maret adalah “Stepping Into The Promise” atau mengambil langkah untuk menerima janji dan mujizat dari Tuhan.

Ketika Yosua dan seluruh bangsa Israel berangkat dari Sitim dan sampai di sungai Yordan, mereka dihadapkan dengan sungai Yordan yang mengalir begitu deras. Yosua dan para imam perlu mengambil keputusan dan langkah iman sebelum janji dan mujizat Tuhan dapat terjadi atas mereka. Namun yang tidak kalah penting dari itu, jika kita melihat di Yosua 3:5 “Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: ”Kuduskanlah dirimu, sebab besok Tuhan akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu.””

Langkah awal yang Yosua dan para imam ambil bukanlah membuat rencana atau strategi bagaimana untuk melewati sungai Yordan melainkan langkah awal yang mereka ambil adalah menguduskan diri mereka terlebih dahulu. Sama seperti Yosua dan para imam, sebelum kita berani mengambil langkah iman dan juga jika kita ingin menerima janji Tuhan tergenapi diatas hidup kita, langkah awal yang perlu kita untuk ambil adalah mengizinkan Roh Kudus memeriksa kemurnian dan hati kita. Kekudusan merupakan suatu hal yang sangat penting dan perlu kita jaga dengan sangat baik, Tuhan sangat benar-benar menilai kekudusan kita.

Saya percaya jika kita sudah mengambil langkah awal untuk menguduskan diri kita, langkah selanjutnya Tuhan yang akan menuntun dan memampukan kita. Selangkah demi selangkah mari kita berjalan dan mengambil langkah iman bersama-sama dengan Dia karena saya percaya Dia Allah yang akan berjalan bersama dengan kita.

Langkah selanjutnya untuk kita bisa menerima janji dan mujizat dari Tuhan adalah Take a Stand seperti yang kita telah lalui di bulan kemarin, butuh keberanian, komitmen dan tekad untuk kita bisa terus melangkah dan berjalan hingga akhirnya kita bisa menerima janji-janjiNya atas hidup kita.

Saya yakin jika kita mau berkomitmen dan berpegang teguh kepadaNya, satu persatu janjinya atas hidup kita pasti akan tergenapi. Mari bersama-sama menatap masa depan dan berjalan dengan iman yang berani, percaya bahwa setiap langkah yang kita ambil akan membawa kita lebih dekat kepada janji-janji-Nya yang luar biasa.

Saya berdoa agar kita semua bisa bersama-sama “Stepping Into The Promise”, mengalami janji-janji Tuhan dalam keluarga, pelayanan, pekerjaan dan setiap segala aspek kehidupan kita.

Ad majorem Dei gloriam,
Ps Sam and Naf Hartanto