PASTORAL DESK

SHOUT OF PRAISE

Greeting Church,

Semester yang pertama di 2024 sudah akan selesai dan sebentar lagi kita akan memasuki semester yang kedua, saya berharap Anda semua melewatinya dengan baik dan penuh kemenangan bersama dengan Tuhan. Tema kita di bulan ini adalah “Shout of Praise” yang berbicara mengenai gaya hidup memuji dan menyembah Tuhan yang perlu dimiliki setiap orang percaya.

Apakah Anda sedang menunggu kesembuhan, menunggu terobosan terjadi dalam hidup Anda, menunggu promosi dalam karir atau pekerjaan Anda. Dalam kehidupan kita mungkin kita pernah dihadapkan dengan masa transisi atau mungkin sedang dalam masa menunggu sesuatu terjadi dalam hidup kita.

Seringkali kita tidak tau harus berbuat apa, mengambil keputusan yang mana dan kita seringkali hanya berdiam diri. Saya mengerti di masa menunggu, transisi atau menghadapi suatu hal yang berat bukanlah suatu hal yang mengenakan apalagi jika kita sudah menunggu hal itu sejak dari lama, tapi kita bisa belajar dari Yosua ketika dia harus menghadapi Kota Yerikho.

9. Dan orang-orang bersenjata berjalan di depan para imam yang meniup sangkakala dan barisan penutup mengikut tabut itu, sedang sangkakala terus-menerus ditiup. 10. Tetapi Yosua telah memerintahkan kepada bangsa itu, demikian: ”Janganlah bersorak dan janganlah perdengarkan suaramu, sepatah kata pun janganlah keluar dari mulutmu sampai pada hari aku mengatakan kepadamu: Bersoraklah!maka kamu harus bersorak.”Yosua 6:9-10

Ketika Yosua dihadapkan dengan Kota Yerikho sebuah kota yang besar dengan tembok berlapis-lapis, ia diperintahkan oleh Tuhan untuk mengelilingi tembok itu dengan diam tanpa ada yang bersuara dan pada hari yang ketujuh setelah mengelilingi tembok itu mereka bersorak kepada Tuhan. Kemudian Tuhan menolong mereka sehingga tembok itu runtuh dan mereka bisa menguasai Kota Yerikho dan melanjutkannya ke kota-kota yang lain.

Ada kalanya kita harus berdiam diri atau menenangkan diri dan menyembah Tuhan secara pribadi, tetapi akan ada waktunya di mana kita tidak hanya berdiam diri dan menyembah Tuhan secara pribadi, tetapi juga memproklamirkan di hadapan orang hal-hal yang Tuhan taruh dalam hati kita, dan kemudian kemenangan demi kemenangan terjadi.

Apakah anda mungkin sedang dalam masa menunggu? Menunggulah dengan tenang, tapi jangan diam. Dari hati yang paling dalam, terus memuji Tuhan dan kemudian tiba saatnya anda menyorakkannya di hadapan semua orang, dan lihatlah bahwa Tuhan akan memberikan kemenangan.

Yosua 6:2 dalam bahasa Inggris berkata, “Then the Lord said to Joshua, ‘See, I have delivered Jericho into your hands, along with its king and its fighting men.'” Setelah kita berdiam diri, menyembah Tuhan, memuji Tuhan secara pribadi, dan proklamirkan kebesaran Tuhan, Dia akan izinkan kita melihat perubahan, pertolongan, dan terobosan dalam kehidupan kita. Saya berdoa ini semua dialami oleh kita semua dan saya berdoa ketika kita masuk ke semester yang kedua dengan penuh sorak kemenangan.

Dan saya berdoa juga agar Anda bisa Shout of Praise ketika Anda dalam masa menunggu, Shout of Praise ketika Anda dalam masa transisi, Shout of Praise ketika Anda menantikan suatu hal terjadi dalam hidup Anda, Shout of Praise walaupun keadaan atau kondisi di depan terlihat berat atau mustahil. Sehingga Anda dapat menyatakan pujian, praise, kemenangan dalam apapun kondisi atau keadaan hidup kita yang kita lewati.

Ad majorem Dei gloriam,
Ps Sam and Naf Hartanto