AS FOR ME & MY HOUSE

Bersama keluargaku melayani Tuhan merupakan sebuah ungkapan yang diperkatakan oleh Yosua ribuan tahun yang lalu. Di dalam kalimat itu sebetulnya mengandung undangan dan pilihan untuk orang Israel yang baru saja menguasai tanah perjanjian. Yosua menantang mereka untuk memilih pada saat itu juga siapa yang akan engkau sembah karena begitu banyak opsi. Mereka menduduki negeri yang didiami oleh orang Amori, Filistin, Yebus, penduduk Kanaan yang menyembah begitu banyak dewa. Sehingga mungkin mereka tergugah atau mengalami yang disebut sincretisme, pencampuran budaya.

Mungkin selama mereka melakukan pendudukan atas tanah perjanjian, menguasai kota demi kota, mereka melihat bahwa untuk mengelola tanah perjanjian yang penuh dengan urusan pertanian, peternakan, membangun tembok kota dan benteng sangat jauh berbeda dengan kehidupan mereka di padang gurun yang tidak memerlukan pertanian atau peternakan. Bahkan mereka berjalan di padang gurun hanya mengandalkan perlindungan Tuhan lewat Tiang Api dan Tiang Awan.

Wah, ini merupakan sesuatu yang baru. Mungkin membutuhkan metode yang baru, mungkin butuh ‘pelindung’ yang baru, mungkin itu baik. Jika Tuhan mampu menolong saya di padang gurun mungkin di tanah perjanjian saya butuh sesuatu yang berbeda.

Manusia seringkali dibingungkan dengan opsi atau pilihan yang ada di depan matanya. Apakah saya mengikuti jalan A atau saya mengikuti jalan B. Atau saya mundur atau ke kiri atau ke kanan. Demikian pula di dalam setiap keluarga, ada opsi untuk sungguh-sungguh mengikuti Tuhan. Ada pula opsi untuk tidak sungguh-sungguh mengikuti Tuhan atau ada juga pilihan untuk tidak mengikuti Tuhan sama sekali. Itu semuanya membutuhkan satu pemikiran yang akan melahirkan ketegasan di dalam keluarga tersebut.

Saya rasa bulan ini adalah baik untuk kita yang sedang keluar dari pandemi untuk mulai belajar. Kedepannya, menghadapi musim yang baru, saya harus mengandalkan apa? Saya harus menyembah siapa? Saya harus menggantungkan hidup saya kepada pribadi yang model bagaimana? Saya yakin setiap keluarga hari ini harus betul-betul berdoa, karena mungkin hari-hari kedepan akan sangat disibukkan dengan segala macam aktivitas yang sekarang sudah diperbolehkan setelah covid berhenti. Dasar dari segala aktivitas itu adalah mungkin untuk memenuhi keperluan keluarga kita, tetapi mungkin di sini kita belajar bahwa pemenuhan kebutuhan utama dalam keluarga sebetulnya adalah hadirat Tuhan.

Kita harus mengejar Dia, kita harus mengijinkan Dia menjadi Raja atas rumah tangga kita semuanya. Bukankah setelah itu terjadi segala sesuatunya akan ditambahkan ke dalam kehidupan anda dan saya? Saya berdoa atas setiap keluarga di bulan ini sungguh terjadi As for Me and My House We Will Serve The Lord, aku dan keluargaku akan menyembah dan melayani Tuhan.

Ad Majorem Dei Gloriam
Living the Dream,

Ps Sam and Naf Hartanto