BRICK BY BRICK

Greetings Church,

Saya berdoa Anda semua dalam keadaan sehat dan baik, secara jasmani dan rohani. 3 bulan telah berlalu dan sekarang kita sudah memasuki kuartal yang pertama di tahun 2024. Di bulan April kita memiliki tema Brick by Brick yang berbicara bagaimana kita membangun sebuah fondasi yang kuat yang bisa kita wariskan kepada generasi selanjutnya.

Dalam membangun sebuah bangunan baik rumah, kantor hingga gedung pencakar langit selalu diawali dengan fondasi terlebih dahulu. Sang kontraktor atau perancang bangunan tersebut pasti akan memikirkan dengan matang dan teliti agar fondasi yang ada bisa kuat dan kokoh sehingga dapat menopang dan bertahan untuk waktu yang sangat lama. Fondasi merupakan suatu hal yang sangat penting sehingga perlu diperhatikan dengan sangat baik. Setiap dari kita pasti sedang membangun sesuatu dalam kehidupan kita, saya berdoa Anda semua membangun fondasinya dengan baik, lapis demi lapis fondasi yang kokoh.

Tuhan berfirman kepada Yosua demikian: ”Pilihlah dari bangsa itu dua belas orang, seorang dari tiap-tiap suku, dan perintahkanlah kepada mereka, demikian: Angkatlah dua belas batu dari sini, dari tengah-tengah sungai Yordan ini, dari tempat berjejak kaki para imam itu, bawalah semuanya itu ke seberang dan letakkanlah di tempat kamu akan bermalam nanti malam.” (Yos 4:2-3)

Dikatakan pada ayat tersebut “Pilihlah dari bangsa itu dua belas orang, seorang dari tiap-tiap suku” artinya dalam membangun fondasi yang kuat, untuk diwariskan, Tuhan ingin ada keterlibatan dari semuanya dan ada lapis demi lapis yang perlu dibangun untuk bisa menjadi fondasi yang kuat.

Pertanyaannya dimulai dari mana kita membangun fondasi tersebut? Dikatakan dalam Yos 4:21-22 Dan berkatalah ia kepada orang Israel, demikian: ”Apabila di kemudian hari anak-anakmu bertanya kepada ayahnya: Apakah arti batu-batu ini? maka haruslah kamu beritahukan kepada anak-anakmu, begini: Israel telah menyeberangi sungai Yordan ini di tanah yang kering!”

Fondasi yang kita bangun dimulai dari rumah dan setiap ayah bertanggung jawab untuk mengajarkannya kepada anak-anaknya. Mari kita mulai membangunnya dari rumah kita masing-masing sehingga kita bisa mewariskan fondasi yang kuat untuk anak-anak dan generasi kita selanjutnya.

Doa saya di bulan ini, Anda betul-betul membangun fondasi yang kuat dari segala sesuatu yang Anda sedang bangun saat ini, baik dalam keluarga, pekerjaan, hubungan sehingga Anda bukan hanya bisa membangun dengan baik tapi Anda juga bisa mewariskan yang Anda bangun selama ini kepada generasi-generasi selanjutnya.

Dan saya sungguh berdoa Brick by Brick, lapis demi lapis fondasi yang Anda bangun dalam setiap aspek kehidupan Anda dibangun dengan baik dan kuat sehingga generasi kita selanjutnya bisa melanjutkannya di atas fondasi yang kuat yang telah kita bangun.

Ad majorem Dei gloriam,
Sam and Naf Hartanto