Pelayanan remaja dan anak-anak merupakan pelayanan yang sangat penting di sebuah gereja. Salah satu alasannya adalah karena merekalah yang akan menjadi generasi penerus gereja ini dan yang akan memimpin dimasa depan. Untuk menyikapi hal ini IFGF Bandung mengundang Ps. Kenny Goh (Youth Pastor of JPCC Youth) dan mengumpulkan beberapa youth leaders di kota Bandung untuk membagikan pengalaman bagaimana caranya membangun pelayanan anak remaja.

yl-13

Ps. Kenny Goh membantu youth leaders untuk dapat memahami bagaimana membangun strategi yang tepat didalam pelayanan anak remaja. Didalam prakteknya memang seringkali seorang youth leader banyak berbenturan dengan gembala senior mereka karena mereka memang memiliki passion dan punya hati untuk melayani tetapi tidak mempunyai strategi yang jelas dalam melakukan tugasnya. Selain itu, jarang disadari bahwa orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun pertumbuhan anak remaja karena pada dasarnya mereka memiliki waktu yang lebih banyak dihabiskan dirumah dibandingkan gereja. Karena itu, gereja mempunyai peranan untuk membantu orang tua di dalam mendidik anak-anak mereka. Oleh karena itu, sangat penting pelayanan anak remaja harus membangun kerjasama dengan orang tua supaya mereka dapat melayani anak-anak mereka yang usia remaja dengan lebih efektif. Dengan strategi yang tepat, diharapkan orang tua dan gereja dapat membantu anak-anak usia remaja tersebut untuk dapat mengembangkan iman mereka sendiri.

Tujuan dari pelayanan anak remaja ini adalah agar mereka dapat mengerti tiga hal penting seperti yang tercakup didalam Matius 22:36-40, yaitu:

1. Mengerti bahwa mereka diciptakan untuk memiliki hubungan dengan Allah

2. Mengerti bahwa mereka adalah milik Allah dan kehidupan mereka dibentuk oleh Firman Tuhan

3. Mengerti bahwa mereka diciptakan untuk menunjukkan kasih Allah kepada dunia.

Selain itu tujuan lain dari pelayanan anak remaja ini adalah supaya mereka dapat melakukan dan mengembangkan lima hal berikut ini, yaitu:

1. Navigate the bible – mencari dan menemukan Firman Tuhan

2. Personalize scripture – menghafal dan mempraktekkan ayat tersebut

3. Dialogue with God – dapat berdoa secara pribadi dan umum

4. Articulate your faith – dapat berbagi iman dan menjelaskannya kepada sesama

5. Worship with your life – dapat melayani dan memberi

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan agar para youth leaders dapat diperlengkapi untuk membangun pelayanan anak-anak usia remaja yang lebih efektif.