GOOD FRIDAY

Di akhir bulan Maret ini, seluruh umat Kristen di dunia memperingati Hari Paskah. Dari Kamis hingga Minggu, terdapat kisah mendalam mengenai detik-detik terakhir dari pengorbanan Yesus Kristus diatas kayu salib. Salah satunya adalah Jumat Agung atau disebut juga Good Friday dalam bahasa Inggris. Good Friday adalah salah satu hari paling besar dimana pada hari tersebut, Yesus Kristus mati disalibkan diatas kayu salib dan menebus dosa umat manusia di bumi.

Pada hari Jumat, 25 Maret 2016, IFGF Bandung merayakan Jumat Agung dengan penuh kesungguhan. Setelah pujian dan penyembahan, kebaktian juga dilanjutkan dengan drama silhouette “ the Guilt” yang mengisahkan penyiksaan Yesus Kristus hingga penyaliban-Nya. Banyak jemaat yang tak kuasa menahat haru menyaksikan drama tersebut. Dan disinilah kita menyadari betapa betapa bersyukur nya kita semua atas pengorbanan-Nya yang begitu berharga.

“Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”- Roma 5: 8

“Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.”- 1 Petrus 2: 25

DSCF4578

Pada hari itu, Ps. Sammy Hartanto mengingatkan kembali untuk jangan pernah berhenti melakukan yang terbaik dan mencapai garis finish yang Tuhan kehendaki. Sama seperti ketika Yesus tidak menyerah namun setia menghadapi apa yang harus Dia hadapi, sesuai rencana Tuhan.  Tiga kali Ia berdoa ,” Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”(Mat 26:39). Yesus memiliki pilihan, tentu, tapi Ia memilih untuk mengikuti jalan Tuhan. Tidak hanya jangan menyerah, namun Ps. Sam juga mengingatkan kita untuk jangan menyerah untuk melakukan yang terbaik, dengan God’s Standard bukan standar manusia. Jangan pernah menurunkan standar dalam melakukan sesuatu, begitu pula Tuhan Yesus tidak pernah menurunkan standar nya dalam pelayanan dan pengorbanan-Nya untuk umat manusia. Hingga detik terakhir, Ia selalu memeberikan yang terbaik, maka berserulah Ia di atas kayu salib: “Sudah selesai.”(Yoh 19:30)

Setelah memperingati penebusan Yesus Kristus, kebaktian ditutup dengan pembaptisan. Ada 20 orang yang dibaptis pada hari itu. Setiap dari mereka mengenakan baju bertuliskan covered, yang maksudnya bahwa setiap dari mereka sudah ditebus dengan darah Yesus Kristus.

DSCF4619

DSCF4647

“ Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan – maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah – oleh kebangkitan Yesus Kristus, yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.” – 1 Petrus 2 : 21-22

Walau perayaan Good Friday ini hanya sekali setahun, namun, mari kita selalu mengenang peristiwa ini dan memegang erat di dalam hati kita rasa syukur atas keselamatan yang telah kita terima ini.

Ditulis oleh Alin,

Photo by Felke, Margareth Suherman, Nicky