CHOIR

Bernyanyi adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam suatu ibadah orang Kristen. Bayangkan kalau dalam ibadah tidak ada nyanyian atau pujian, pasti akan aneh kan? Seorang teolog besar di abad ke 20, Karl Barth, pernah berkata “gereja yang tidak bernyanyi bukanlah sebuah gereja”

Bahkan ada di dalam Alkitab yang membuktikan bahwa Tuhan Yesus juga bernyanyi ! “sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-muridNya ke Bukit Zaitun” (Matius 26:30)

Hal yang identik dengan puji – pujian di dalam gereja adalah adanya Paduan Suara (Choir). Choir bahkan sudah ada sejak jaman Perjanjian Lama. “Para peniup nafiri dan para penyanyi serentak memperdengarkan paduan suaranya” (2 Taw 5:13).

Dan sampai hari ini kita melihat begitu banyaknya Choir di setiap gereja Tuhan dengan kualitas suara yang sangat baik, ekspresi yang menarik, bahkan dicampur dengan koreografi modern.

Apa tugas choir ? Pada hakikatnya choir dipercaya untuk memampukan umat bernyanyi, bukan sekadar bernyanyi, dalam hal memberi contoh dan dorongan kepada jemaat untuk dapat bernyanyi dengan baik dan benar karena memang menyanyi dengan baik dan benar tidaklah mudah, ada teknik dan cara menyanyi yang harusnya dipelajari.

Choir bukanlah gimmick atau hanya menjadi pengisi acara di dalam ibadah atau suatu kegiatan gereja, lebih dari itu choir akan membantu jemaat untuk semakin menghayati isi dari lagu, mengucapkan lirik dalam lagu dengan benar dan peran – peran lainnya, bahkan Choir adalah salah satu wadah pelayanan bagi jemaat.

Tapi perlu dicatat, bukan berarti Choir dijamin sempurna. Karena setiap orang yang berada di dalam Choir juga harus terus menerus belajar, baik itu teknik bernyanyi, pernafasan, ekspresi, intonasi, pembagian suara, artikulasi mencari referensi lagu yang tepat, melihat contoh Choir dengan performance yang berkualitas dan lain – lain.

Ada orang yang mengerti nada, tapi suara tidak terlalu baik. Ada juga yang tidak mengerti nada, tapi kualitas suara baik. Atau bahkan ada yang tidak memiliki keduanya. Disinilah fungsi choir untuk memperlengkapi !

Tim Choir IFGF Bandung, yang sudah ada selama bertahun – tahun, juga terus menerus memperlengkapi diri dengan latihan. Latihan dengan suasana yang ceria, penuh kekeluargaan, belajar mengerti teknik – teknik menyanyi yang belum pernah dipelajari sebelumnya, belajar lagu baru dengan jenis lagu yang berbeda – beda. Tim choir bukanlah berisi orang – orang yang memiliki suara emas, tapi kita selalu berusaha untuk naik level tentunya dengan motivasi untuk memberi yang terbaik bagi Tuhan Yesus. Because He’s worthy to be praised !!

Kalau teman – teman punya kerinduan untuk melayani lewat choir, ngga usah malu – malu, segera hubungi koordinator choir Hendy atau Irin.

Come and join us !

“Sing to Him a new song; play skillfully with a loud and joyful sound” (Psalm 33:3 – AMP)